Alat Kesehatan Untuk Perawatan Bayi Prematur

Alat kesehatan untuk bayi prematur memang harus tersedia di rumah sakit ataupun klinik bersalin yang memiliki standar medis umum. Selain menjadi satu syarat operasional, alat – alat inipun memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang pelayanan medis khususnya untuk penanganan bayi yang baru lahir dengna kondisi premature.

Bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan sebelum waktunya (umur bulannya). Biasanya bayi yang terlahir permatur memiliki kondisi kesehatan yang berbeda dengan bayi yang terlahir secara normal. Meskipun demikian, bayi prematur tidak selalu mengalami masalah terhadap kesehatan. Ada juga bayi prematur yang tumbuh dengan kondisi normal, sehat tanpa satu kendala apapun.

Macam Alat Kesehatan Untuk Bayi Prematur

Tetapi untuk pihak rumah sakit, hendaknya alat kesehatan untuk bayi prematur perlu disiapkan sedini mungkin untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Berikut ini beberapa macam alat kesehatan untuk bayi premature.

1. Inkubator Bayi

Inkubator Bayi merupakan salah satu alat medis yang digunakan untuk perawatan bayi prematur. Memang tidak semua bayi prematur perlu dan harus dirawat dalam inkubator bayi. Ada beberapa kondisi dimana bayi prematur perlu dirawat dalam inkubator misalnya umurnya masih terlalu dini atau mengalami gangguan kesehatan yang mengharuskan dirawat dalam inkubator. selengkapnya >> 7 Persiapan Operasi Caesar

2. Infant Warmer

Alat kesehatan untuk bayi prematur lainnya yaitu infant warmer. Infnat warmer merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk penghangat bayi baru lahir. Meskipun alat ini juga digunakan untuk bayi pada umumnya, namun biasanya hipotermia dialami oleh bayi yang terlahir prematur karena sistem pada kulitnya belum sempurna sehingga belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan.

3. Lampu Fototerapi

Pernahkah anda mendengar penyakit bayi kuning ? Penyakit ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah ikterus atau hiperbilirubinemia. Yaitu sebuah penyakit yang disebabkan karena jumlah bilirubin yang terdapat dalam darah terlalu tinggi. Lampu fototerapi ini berfungsi untuk membantu memecah kadar bilirubin dalam darah sehingga menjadi normal kembali.

4. Neopuf

Kendala lain yang biasanya dialami oleh bayi prematur yaitu gangguan pada pernapasannya. Hal ini karena paru – paru yang belum berkembang sempurna. Oleh sebab itu perlu ditopang dengan menggunakan alat bantu pernapasan yang sering disebut dengan istilah Neopuf. Alat ini merupakan alat mekanik yang dihubungkan dengan gas medis dari tabung.

Nah itulah 4 macam alat kesehatan untuk bayi prematur yang biasanya ada di rumah sakit dan klinik. Namun tidak hanya alat itu saja yang digunakan, melainkan masih terdapat banyak macam lagi alat yang lainnya yang digunakan untuk menunjang perawatan bayi prematur. Untuk anda yang kebetulan membutuhkan alat medis untuk bayi prematur bisa kunjungi website resmi distributor inkubator bayi indonesia, yang jual inkubator bayi online ke seluruh wilayah Indonesia. Sekian, semoga bermanfaat !

Baca juga : Tips memilih jenis tensimeter

Artikel Lainnya: