Bagaimana Cara Supaya Cepat Hamil yang Benar? Ini Jawabannya

Bagaimana Cara Supaya Cepat Hamil yang Benar? Ini Jawabannya

Bagi pasangan suami istri manapun, entah yang baru saja atau sudah lama menikah tapi belum punya buah hati tentu sering bertanya bagaimana cara supaya cepat hamil?

Kehamilan memang kadang menjadi masalah serius bagi beberapa wanita, tapi itu tidak berarti bahwa kamu tidak bisa seperti pasutri lainnya, yaitu mendapatkan momongan yang diimpikan.

Nah artikel ini ditulis untuk membantu kamu mewujudkan impian tersebut dengan memberikan penjelasan terkait hal-hal yang perlu dilakukan dan harus dihindari.

Berikut 4 hal yang harus dilakukan supaya bisa segera hamil…

baca juga Kiat Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Berhubungan secara teratur

Banyak yang menganjurkan untuk berhubungan di masa subur ketika menjalankan promil, dan itu tidaklah salah.

Yang menjadi masalah adalah banyak wanita termasuk kamu mungkin tidak tahu bagaimana cara menghitung masa subur sehingga akibatnya hubungan intim jadi tidak efektif.

Penting untuk diketahui, bahwa ovum (sel telur) ketika berovulasi (dilepaskan dari ovarium ke tuba fallopi) hanya hidup maksimal 24 jam, terus mati.

Ini artinya, kalau hubungan intim dilakukan tidak tepat di masa subur, maka kecil kemungkinan akan berhasil mendapatkan kehamilan.

Dengan alasan inilah, maka diberikan solusi khusus untuk kamu yang tidak tahu menghitung masa subur, yaitu berhubunganlah secara teratur 2 – 3 kali setiap minggu.

Dengan cara ini, maka sperma akan selalu tersedia di tuba fallopi, dan ketika ovulasi terjadi kapan saja, sperma dapat langsung membuahi sel telur.

Mengkonsumsi asam folat secara rutin

Setelah tahu bagaimana cara berhubungan yang efektif, maka hal berikutnya untuk dilakukan agar bisa cepat punya anak sebagaimana diulas di artikel tentang cara agar cepat hamil setelah haid ini, adalah rutin konsumsi asam folat.

Asam folat memiliki manfaat pada wanita yaitu menutrisi indung telur, dengan begini maka akan mampu dihasilkan sel telur berkualitas yang dapat melakukan ovulasi dengan baik.

Pada pria, jika rutin mengkonsumsi asam folat maka kualitas sperma lebih baik, sperma terhindar dari cacat DNA sehingga janin hasil pembuahan akan tumbuh menjadi janin yang sehat.

Karena itu, mulai saat ini disarankan supaya kamu sering-sering konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti tauge, asparagus, kacang hijau dsb.

Menghindari stres

Setelah mempraktekkan kedua hal yang dijelaskan di atas, maka bagaimana cara supaya cepat hamil berikutnya?

Jawabannya hindari stres! Sebab menurut dr. Rosdiana Ramli, SpOG, ketika wanita stres maka sel telur akan sulit untuk dapat berhasil berovulasi.

Akibatnya adalah tidak ada sel telur yang bisa dibuahi dan tentu saja tidak ada kehamilan.

Oleh karena itu, selama menjalani promil untuk mendapatkan anak, selain mempraktekkan kedua hal di atas, maka kamu juga harus pandai mengelola pikiran agar tidak stres.

Sebab bisa jadi masalah susah hamil yang selama ini kamu alami penyebabnya ternyata hanya karena sering stres.

baca juga: Sejarah Sepak Bola

Menjaga berat badan ideal

Hal terakhir yang mesti diperhatikan agar segera hamil setelah haid adalah bagaimana menjaga berat badan tetap ideal.

Berat badan dikatakan ideal kalau memiliki nilai IMT (Indeks Massa Tubuh) di antara 18 – 25.

Kurang dari atau lebih dari nilai ini, maka berat badan bisa menyebabkan kehamilan sulit terjadi.

Intinya, kalau terlalu gemuk, maka ovulasi susah terjadi, sel telur terbentuk tidak sempurna dan resiko keguguran cukup tinggi.

Terlalu kurus maka embrio susah menempel di rahim, ini tentu menyebabkan kehamilan juga susah berhasil.

Jadi, silahkan hitung nilai IMT kamu saat ini, kalau kurang atau lebih maka lakukanlah diet untuk naikkan atau turunkan berat badan agar ideal.

Artikel Lainnya: