Bagian Penting Pada Genset Yang Harus di Rawat

Bagian Penting Pada Genset Yang Harus di Rawat

Bagian Penting Pada Genset Yang Harus di Rawat – Genset atau yang menjadi kependekan dari generator set merupakan salah satu alat khusus yang dirancang untuk aliran listrik. Genset memiliki cara kerja tersendiri yang mengubah energi mekanik menjadi suatu energi listrik. Sehingga, alat ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti kebutuhan dalam rumah, restaurant, kantor dan tempat-tempat yang lainnya.

Komponen Penting Genset  Yang Harus di Rawat

Terdapat beberapa komponen di dalam genset yang membantu alat ini mampu bekerja secara maksimal. Berikut adalah beberapa komponen genset dan fungsi utamanya.

  1. Engine

Komponen yang pertama dari genset adalah engine. Fungsi utama dari komponen satu ini adalah merubah suatu sumber energi yang sifatnya mekanik kepada generator. Genset umumnya dirancang dengan berbagai jenis mesin. Sehingga, sebaiknya gunakan genset yang mesinnya berkualitas.

  1. Fuel System

Berikutnya adalah fuel system atau yang dikenal dengan istilah sistem bahan bakar. Sistem ini dilengkapi dengan tangki dengan kapasitas tertentu yang mampu mengoperasikan generator sehingga ia menjadi tahan lama.

  1. Regulator untuk Tegangan

Komponen yang selanjutnya dari genset Manado adalah regulator untuk tegangan. Alat ini berfungsi untuk mengatur tegangan untuk keluaran dari generator yang bersangkutan. Sehingga, generatornya akan mampu berjalan dengan normal dan maksimal.

  1. Sistem Pelumas

Selain itu, ada juga komponen lain dari genset yang dikenal dengan sistem pelumas. Sistem pelumas ini berfungsi untuk memastikan bahwa operasi dari gensetnya berjalan dengan lancar dan baik. Dan pelumas ini membutuhkan perawatan khusus dan penggantian secara berkala.

  1. Panel Kendali

Di samping itu, genset juga mengandung komponen panel kendali di dalamnya yang akan mengendalikan operasi genset. Namun, untuk panel kendali atau kontrol panel ini, antara pabrikan yang satu dengan pabrikan yang lain memiliki penal yang berbeda-beda. Sehingga, masing-masing fiturnya harus dipahami terlebih dahulu.

Genset memiliki berbagai bagian yang penting di dalamnya. Masing-masing komponen atau bagiannya berperan aktif untuk kinerja dari genset itu sendiri. Oleh karena itu, perawatan genset secara rutin harus benar-benar dilakukan agar produknya tetap awet dan tahan dalam jangka waktu lama.

Artikel Lainnya: