Berbagai Macam Energi Alternatif

Bumi yang kita tempati pas ini telah makin lama tua saja, para ilmuwan memperkirakan usianya telah 4,54 miliar tahun. Sadar gak sadar, sumber daya alam kita telah diambang krisis daya akibat eksploitasi manusia yang berlebihan. Akankah bumi kita yang telah tua-tua keladi ini menuju kepunahan? Tapi tenang saja, jauh sebelum itu para ilmuwan telah menemukan 9 sumber daya alternatif masa depan bumi, yang pasti saja mampu jadi harapan baru bagi seluruh makhluk hidup.

1. Nuklir
Bagai dua mata pisau, tenaga nuklir bisa terlampau berguna sekaligus mendatangkan kepunahan massal bumi yang kami duduki ini. Penggunaan Nuklir sebagai senjata pembunuh monster sebenarnya tetap dilarang keras sejak tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dan tragedi Nuklir Chernobyl yang menewaskan lebih 500 ribu jiwa akibat dampak radiasinya.

Terlepas berasal dari insiden kemanusiaan itu, nuklir juga punya manfaat luar biasa selain penggunaannya untuk senjata militer yakni di dalam bidang medis sebagai terapi radiasi untuk penderita penyakit kanker, di bidang Industri untuk mengeksplorasi keberadaan minyak dan gas alam. Dan sebagai sistem Irradiasi makanan di dalam pertanian dan juga pembangkit tenaga listrik yang tidak membuahkan gas berbahaya.

2. Cahaya Matahari (Tenaga Surya)
Cahaya panas matahari bukan hanya berguna untuk menjemur baju kancut kami saja. Tapi juga bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kekuatan terbarukan masa depan makhluk hidup.

Melalui paparan panas cahaya matahari dan radiasi cahayanya bisa di konversi menjadi bentuk baru kekuatan listrik, tergantung bersama dengan teknologi yang digunakan misalkan teknologi passive solar dan active solar.

untuk Pemasangan Panel Surya dan info info lainnya bisa kalian lihat di Inaport

3. Energi Matahari
Matahari merupakan sumber utama untuk planet bumi, kekuatan yang dihasilkan berasal dari matahari adalah cahaya dna panas. Energi matahari bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menjemur, mengakibatkan garam dan lainnya. Pemanfaatan cahaya matahari juga bisa ditingkatkan bersama dengan memanfaatkan kolektor suhu pada suatu daerah sehingga bakal meraih suhu yang lebih tinggi. Selain itu kekuatan matahari juga bisa diubah menjadi kekuatan listrik, yakni bersama dengan mengubah kekuatan matahari mengunakan sel surya yang terdiri berasal dari kronologis panel unsur semikonduktor.

4. Energi Angin
Negara Belanda merupakan negara yang populer bersama dengan negara kincir angin. Di Belanda angin dimanfatkan untuk memompa air irigasi. Energi angin juga bisa dimanfaatkan untuk membuahkan listrik bersama dengan memanfaatkan kicir angin yang disambungkan memanfaatkan generator yang bisa membuahkan listrik (turbin angin).

5. Energi Panas Bumi
Energi panas merupakan kekuatan yang terdapat di dalam bumi, biasanya kekuatan selanjutnya keluar akibat kesibukan vulkanik. Terdapat 3 tipe seumber utama panas geotermal. yakni uap alam, air panas dan batuan kering panas. Pemanfaatan duit panas geotermal udah dipakai untuk pembangkit listrik, air panas bisa dimanfaatkan untuk pemanasan, sedang sumber lainnya kala ini tengah diteliti untuk bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan alternatif yang efisien.

6. Energi Gas Alam
Gas alam merupakan gas yang terkumpul ddari bawah tanah bersama dengan punya bermacam macam cmapuran hidrokarbon yang mempunyai kekuatan tekan tinggi. Setelah diolah, gas alam bisa dimanfaatkan untuk memasak seperti Elpiji. Selain itu, gas alam juga bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan mesin pabrik. Gas alam juga dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik (PLTG).

7. Energi Gelombang Laut
Gelombang laut ternyata juga bisa dikonversi menjadi listrik bersama dengan prinsip kerjanya yakni bersama dengan mengumpulkan kekuatan gelombang laut untuk memutar turbin generator.

8. Energi Biodiesel
Energi Biodiesel merupakan kekuatan alternatif yang berasal berasal dari tumbuhan atau lemak binatang yang udah dicampur oleh bahan bakar lain atau murni berasal dari lemak. Energi Biodiesel punya sfiat yang ramah lingkungan, bisa diperbaharui dan juga bisa menghalau emisi gas buang.

9. Energi Etanol
Energi Etanol (etil alkohol) adalah sumber kekuatan berupa alkohol hasil berasal dari fermentasi tumbuhan tertentu, seperti; gandum atau jagung.

10. Energi Metanol
Energi Metanol (metil alkohol) merupakan bahan bakar alkohol yang berasal berasal dari kayu. Metanol baik digunakan secara murni, atau bisa juga digunakan sebagai campuran bensin.

Kelebihan dan Kekurangan Energi Alternatif

Kelebihan Energi Alternatif

Energi Terbarukan
Energ alternatif merupakan sumber kekuatan terbarukan sehingga tidak bakal berlangsung kelangkaan.
Ramah Lingkungan
Energi alternatif tidak membuahkan limbah yang membahayakan lignkungan di dalam jangka kala yang panjang, jikalau Nuklir.
Sumber Energi Gratis
Energi didapatkan secara cuma-cuma, hanya butuh cost awal pemasangan saja.
Pasokan Melimpah
Karena kekuatan didapatkan di alam, maka pasokan bakal tetap tersedia tergantung untuk tiap lokasinya.

Kekurangan Energi Alternatif

Biaya awal instalasi cukup tinggi
Tidak bisa diandalkan, karena kekuatan didapatkan alam maka tergantung bersama dengan aspek alam
Belum cukup efisien,

Manfaat Energi Alternatif

Energi alternatif fapat konsisten menerus digunakan karena tidak bakal habis
Energi yang dihasilkan besar, seperti pada kekuatan panas dna cahaya pada matahari
Energi alternatif tidak mencemari lingkungan karena tidak membuahkan zat buangan kelingkungan.

Artikel Lainnya: