Candi Prambanan , Candi Hindu terbesar di Indonesia

candi prambananSiapa yang tidak tahu Candi Prambanan? Kebanyakan orang pasti tidak asing dengan candi ini. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini terletak di kota Yogyakarta, tepatnya di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Kompleks candi ini sendiri terletak antara sleman dan klaten, yang mana beberapa bangunan candi memasuki wilayah salah satunya.Mari mencari tahu secara mendalam mengenai Candi Prambanan agar Anda terkesima dengannya.Candi Prambanan sendiri memiliki 3 candi utama, yakni Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa.

Langsung saja kita beranjak kepada keunikan candi nya saja tanpa berlama-lama. Apa yang menjadi keistimewaan Candi Prambanan? Mungkin itulah pertanyaan dalam benak Anda yang belum pernah melihat secara langsung candi Hindu terbesar ini. Salah satu nilai lebihnya dari aspek pariwisata adalah candi ini merupakan peninggalan kerajaan Hindu yang pernah Berjaya dulunya. Pembangunan candi ini diperkirakan merupakan pertanda dari kembalinya kekuasaan keluarga Sanjaya atas Jawa melaui persaingan antara dua kubu yang berbeda keyakinan, yakni wangsa Sanjaya penganut Hindu dan wangsa Sailendra penganut Budha. Candi Prambanan ini menjadi saksi bisu yang menandakan bahwa Hinduisme kembali mendapat dukungan kerajaan di masa itu atas Budha sendiri.

Selain itu, arsitektur prambanan yang megah juga merupakan daya tarik. Seni pembangunannya mulai dari dalam hingga luar candi sungguh diperhatikan dan dipertimbangkan sekali sehingga bangunan yang dihasilkan dapat membuat mata jatuh hati. Untuk mendesain atau merancang bangunan yang berkualitas tidak mudah, di zaman sekatrang ini pun orang memerlukan pendidikan mengenai arsitektur untuk mempelajari seni dalam pembangunan sebuah bangunan. Candi Prambanan berpedoman kepada tradisi arsitektur Hindu, dimana bentuk candi yang tingginya 47 meter itu merupakan ciri khas candi Hindu.

baca juga: Wisata Candi paling Populer

Pada setiap candi sering dijumpai berbagai pola hias, yang biasanya berbentuk relief, baik relief cerita maupun ragam hias. Pada Candi Prambanan terdapat relief yang membuat candi ini semakin menarik. Pada dinding candinya terdapat relief-relief yang menceritakan kisah Ramayana.Relief di menggambarkan Shinta yang sedang diculik Rahwana yang menunggangi raksasa bersayap, sementara di samping kiri atanya ada burung Jatayu sebagai penyelamat Shinta. Siapa yang tidak kenal Ramayana? Kisah Ramayana sudah terlalu sering diperbincangkan dari berbagai kalangan dengan kewibawaannya dalam melakukan penyelamatan-penyelamatan.

Ada juga relief pohon Kalpataru yang melambangkan kelestarian, kehidupan, dan keserasian menurut anggapan umat Hindu. Anggapan yang terbentuk biasanya dari kebiasaan dan pengalaman yang dialaminya. Menurut mereka, pohon ini sebagai lambang dari harapan mereka terhadap kehidupan. Sebagai warga negara Indonesia, Anda harus bangga memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan memiliki berbagai peninggalan sejarah yang fenomenal sampai ke jenjang dunia. Wisatawan lokal sampai wisatawan mancanegara pun berdatangan untuk melihat keindahan peninggalan Hindu ini, yang memiliki sejarah sedemikian rupanya.

Sudah tahu keistimewaannya? Berekreasi sambil melihat-lihat bangunan sejarah yang indah tidak akan membuat Anda rugi. Transportasi untuk ke sana pun ada dan terjangkau sekali, dengan bermodalkan Rp. 3.500/orang untuk naik transjogja, Anda sudah bisa menikmati keindahan Candi Prambanan. Selain di Prambanan ada wisata alam penelusuran goa basah yang sangat unik yaitu Goa Pindul. Karena keunikan di goa pindul membuat banyak peminat untuk mengunjungi goa pindul, bagaimana dengan anda? Kalau berwisata ke yogyakarta bertolaklah ke timur untuk mengunjungi Goa Pindul. Itu sedikit info yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

baca lengapnya : Coba Liburan Menyenangkan Di Malang

Artikel Lainnya: