Macam macam jenis tinta pasta sablon

Sablon Kaos Manual Surabaya

Macam-Macam Jenis Tinta Pasta Sablon. Tinta sablon manual digunakan secara umum terdiri dari dua jenis. Yakni tinta waterbase dan tinta solvenbase atau plastisol. Tinta cetak layar manual berbeda dari tinta cetak layar digital.

Tinta Waterbase adalah tinta dengan basis air, sementara tinta solvenbase menerapkan basis minyak. Macam-Macam Jenis Tinta Pasta Sablon juga dibagi menjadi berbagai jenis. Apa jenis tinta yang biasanya diterapkan dalam teknik sablon kaos manual?

  • Tinta Waterbase

Setidaknya ada lima jenis tinta waterbase yang biasa digunakan dalam teknik sablon manual.

Tinta karet. Jenis tinta ini dapat diterapkan pada kaos yang terang dan gelap. Sifatnya hanya menutupi atau menambatkan kain. Jika kain melar, cat karet khusus diperlukan sehingga dapat disesuaikan dengan tingkat fleksibilitas. Sehingga sablonnya bisa bertahan lebih lama. Sangat cocok untuk usaha sablon kaos

Tinta transparan. Juga dikenal sebagai pelapis, karena dapat digunakan untuk pelapis dari hasil sablon. Dengan begitu hasilnya terlihat mengkilap atau lebih cemerlang. Meskipun bentuknya transparan, tetapi isinya lebih keras dan kuat.

baca juga: Cari Model Hijab Terbaru di Toko Online Hijab Cantik

Apa Saja Macam-Macam Jenis Tinta Pasta Sablon?

Ink extender. Ini juga transparan, tetapi hanya cocok jika diterapkan pada kemeja putih atau terang. Sifat-sifatnya menyatu dan dapat diserap ke dalam materi dengan lebih baik.

Tinta Super White. Fungsinya mirip dengan tinta karet yang terdiri dari warna dan putih. Tetapi sifat dari tinta ini lebih seperti extender tinta.

Tinta timbul atau puff. Jenis tinta ini ditemukan pada kedua jenis, baik underbase dan plastisol. Jenis tinta ini membutuhkan pemanasan yang dapat menyebabkan tinta muncul seperti efek yang muncul.

  • Solvenbase ink

Jenis tinta ini menggunakan bahan dasar PVC, sehingga dapat mencetak dot dengan ukuran yang sangat kecil. Teknik pengeringan yang baik mencapai 160 derajat akan membuat hasil sablon sangat kuat.

Baca jugaTempat Dinner Romantis dan Murah di Bali

Jenis-jenis cat solvenbase adalah tinta serba guna, tinta opasitas tinggi, tinta plastisol atletik, tinta dasar gabus, tinta shimmer dingin dan dasar, tinta bening kerapatan tinggi, dan Wilflex Luna Clear. Setiap aplikasi Macam-Macam Jenis Tinta Pasta Sablon manual akan berdampak pada hasilnya. Jadi aplikasikan sesuai keinginan Anda.

Artikel Lainnya: