objek Wisata Kalimbuang Bori yang Eksotis

Menjelajahi Toraja memang tidak cukup hanya satu tempat saja karena ada banyak tempat menarik di wilayah tersebut. Ada objek wisata Kalimbuang Bori yang bisa Anda kunjungi dan di sana merupakan tempat piknik unik yang sarat akan sejarah dan juga budaya Tempat-tempat wisata di Tana Toraja memang tak jauh-jauh dari adat istiadat budaya dan di Kalimbuang Bori pun juga begitu.

Hal yang menarik di sana adalah adanya batu-batu menhir dengan jumlah banyak. Sebelum membahasnya lebih dalam lagi, lokasi dari tempat wisata tersebut berada di Toraja Utara dan sudah dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Batu-batu menhir tersebut dibangun pada masa megalitikum dan di tempat ini pula juga sering diadakan upacara adat, utamanya adat pemakaman. Objek wisata Kalimbuang Bori atau juga dikenal dengan RanteKalimbuang memang menawarkan panorama alam yang indah serta unik. Yang membuat tempat ini indah adalah pemandangan alamnya, hijaunya pepohonan membuat suasana di sana begitu menyejukkan dan menyegarkan mata.

Baca juga: Wisata Ollon Tana Toraja

Kemudian yang membuat RanteKalimbuang terlihat unik adalah adanya 102 buah batu menhir. Batu-batu menhir tersebut menjulang tinggi dan fungsi dari batu tersebut untuk menghormati para leluhur yang sudah meninggal dunia. Karena jumlahnya yang sangat banyak, ada beberapa di antaranya yang sudah berusia ratusan tahun. Selain batu menhir, di tempat wisata tersebut juga ada beberapa Lakkian atau sebutan untuk tempat jenazah disemayamkan saat berlangsungnya upacara Rambu Solo. Lakkian tersebut berbentuk rumah adat Toraja dan begitu unik, banyak pengunjung yang berfoto di depan bangunan adat tersebut. Kemudian yang menjadikan bangunan adat itu lebih menarik lagi adalah dihiasi dengan gigi kerbau.

Di kawasan Kalimbuang Bori juga terdapat kuburan berbentuk batu oval, di sana juga terdapat peti-peti jenazah yang diselipkan dan hal tersebut membuat tempat wisata ini lebih mengagumkan. Selain pemandangan kuburan dan menhir, di sekitar objek wisata Kalimbuang Bori juga terdapat sungai-sungai kecil indah dengan bebatuan hitam kemudian terdapat pula jembatan gantung dari kayu yang bisa dilewati oleh pengunjung untuk sekedar foto.

baca ini yuk : Daftar Destinasi Wisata Lombok yang Unik

Artikel Lainnya: