Perangkat Apa yang Harus ada di Rumah Agar Ruangan Semakin Nyaman

Perangkat Apa yang Harus ada di Rumah Agar Ruangan Semakin Nyaman

Perangkat Apa yang Harus ada di Rumah Agar Ruangan Semakin Nyaman

  • Genset, Backup Wajib Listrik di Rumahmu

Saat ini peranan genset bisa dibilang cukup vital, apalagi di era milenial ini banyak orang yang bekerja cukup dari rumah. Misalnya saja content kreator blog, youtube, social media dan lain lain. Oleh karenanya aliran listrik wajib di penuhi agar aktifitas tidak terganggu. Rekomendasi kami untuk kamu yang berada di medan dan bali, bisa memesan genset di Supplier jual mesin genset bali dan supplier jual mesin genset medan yaitu PT Rajawalindo

 

  • AC, Pilih Mana, AC Inverter atau AC Low Voltage ?

W ajah M aya tampak bingung, dahinya mengerut dan matanya sibuk membac a keterangan yang tertera di baw ah sebuah produk pendingin ruangan. K emudian, ia kembali sibuk menc ari produk sejenis yang memiliki penjelasan berbeda. Ada penjelasan mengenai teknologi inv erter di dalamnya yang membuat dahi M aya semakin berkerut. “ Mas, bedanya AC inverter sama low wattage ini di mana ya? D ibilangnya sama- sama hemat,” celoteh Maya saat melihat salah satu petugas yang menghampiri. Situasi seperti ini mungkin pernah Anda alami saat ingin membeli produk pendingin ruangan. Apalagi, sejak kemunc ulan produk AC terbaru yang dilengkapi teknologi inv erter dan low wattage ( watt rendah) yang sama- sama memiliki keunggulan hemat listrik. 3ertanyaannya, ftur mana yang lebih hemat dan apa perbedaannya?

INI BEDANYA!

D arma E ffendy, Produc t Planning M anager PT Sharp E lec tronic I ndonesia, menjelaskan AC dengan teknologi inv erter mampu membuat kompresor bekerMa seFara Àuktuatif, yakni ia dapat menyesuaikan suhu dengan kapasitas/ beban ruangan. “ K alau dalam suatu ruangan sedang dihuni oleh banyak orang, maka sec ara otomatis kompresor akan bekerja sec ara lebih kenc ang untuk mendinginkan ruangan dengan c epat,” D arma menjelaskan. N amun, begitu suhu ruangan yang diinginkan sudah terc apai maka kompresor akan bekerja seminimal mungkin. Sebaliknya, saat ruangan dalam keadaan kosong atau sedikit orang, maka kompresor akan bekerja sec ara perlahan hingga menc apai lev el terendah. “ N ah, teknologi inv erter ini disebut- sebut sebagai teknologi pintar dari masa depan,” ujar D arma menambahkan. AC dengan ftur ini memiliki konsumsi listrik yang tetap dan tidak dipengaruhi oleh kapasitas ruang. N amun, bila dibandingkan dengan AC konv ensional biasa, AC low wattage memiliki konsumsi listrik ( w att) yang lebih rendah.

JANGKA PANJANG: INVERTER LEBIH IRIT

Bila dibandingkan antara AC non- low wattage dengan AC low wattage, maka sudah jelas AC low wattage lebih irit. M isalnya AC nonlow wattage kapasitas 1 PK memiliki daya 7 8 0 W , maka AC low wattage dengan kapasitasi 1 PK memiliki daya 6 0 0 W . Beda halnya dengan AC inv erter, meski pada saat proses pendinginan maksimal ia akan menyedot listrik ( w att) yang besar, namun ketika suhu yang diinginkan sudah terc apai, maka sec ara otomatis kompresor akan bekerja sec ara perlahan hingga menc apai daya terendah. “ J adi kalau low wattage akan mengefsiensikan energi listrik, tapi daya listriknya stabil, sedangkan inYerter Àuktuatif, tergantung kapasitas ruangan, bila sedang kosong, daya listriknya bahkan bisa turun ke lev el 2 0 0 W ,” tutur D arma. H al inilah yang membuat inv erter unggul ketimbang low wattage. D ari sisi harga, AC inv erter memiliki harga lebih tinggi dibandingkan AC low wattage, tapi untuk jangka panjang teknologi ini akan mengurangi konsumsi listrik hingga 5 0 % .

LUAS RUANGAN PENTING!

F aktor lain yang dapat menekan biaya konsumsi listrik pada AC adalah menyesuaikan kapasitas AC dengan luas ruangan. AC inv erter 1 PK , misalnya dapat diletakkan di ruang dengan luas 6 – 2 2 m2 . D arma menyarankan untuk menggunakan AC dengan teknologi inv erter di ruang- ruang yang kerap dihuni oleh banyak orang seperti ruang keluarga. N amun, bila hanya di ruang- ruang yang jarang digunakan, seperti ruang tidur, sebaiknya gunakan AC low wattage. “ Tapi ingat, selalu sesuaikan kapasitas AC dengan luas ruang yang tersedia, kalau ruangannya kec il, jangan pakai kapasitas AC yang 1 PK tentu akan boros listrik,” imbuhnya. L uas ruangan yang pas diimbangi dengan jenis AC yang sesuai menjadi pertimbangan yang harus selalu diperhatikan. M emilih AC sesuai kebutuhan akan menjaga kantong Anda dari bahaya boros