Pesona Air Terjun Sarambu Assing

Pesona Air Terjun Sarambu AssingPesona Air Terjun Sarambu Assing  –  Tana Toraja sudah dikenal dengan wisata budayanya yang banyak menarik perhatian traveler. Selain budaya, tidak ada salahnya juga untuk Anda mencoba wisata alamnya. Salah satunya adalah wisata air terjun Sarambu Assing. Objek wisata yang masih alami ini berada di Lembang, Desa Patonglan, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja. Dari Makale, ibu kota kabupaten Tana Toraja berjarak sekitar 35 km atau perjalanan sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor.

Perjalanan untuk menuju lokasi air terjun tidak bisa dicapai dengan kendaraan, oleh sebab itu dari tempat parkir perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Akses jalan menuju air terjun belum beraspal masih berupa jalan tanah. Jika datang saat atau pun sesudah hujan, jalanan akan licin dan lembek sehingga pengunjung disarankan untuk berhati-hati. Di tengah-tengah perjalanan Anda juga akan menyeberang sebuah sungai yang ukurannya tidak terlalu besar dan arusnya juga tidak terlalu deras, cukup aman untuk dilewati hanya berhati-hati dengan bebatuan sungainya yang licin. Belum sampai disitu, perjalanan menuju air terjun SarambiAssing setelah menyeberang Anda harus kembali berjalan kaki sekitar 3 sampai 4 kilometer. Jalan setapak menuju bawah air terjun bukan jalan rata namun menurun, pengunjung lebih baik berjalan pelan demi keselamatan. Sekitar 30 menit berjalan kaki, pengunjung baru sampai di lokasi objek wisata yang dituju.

baca juga: Wisata Ranca Upas

Perjuangan dan rasa lelah yang Anda rasakan akan terobati begitu air terjun dengan ketinggian lebih dari 70 meter berdiri di depan mata Anda. Aliran air terjunnya tidak langsung jatuh ke tanah melainkan memiliki 3 tingkatan. Bagian puncaknya tidak terlalu tinggi dengan cekungan di bawahnya yang kecil sementara bagian tengahnya merupakan yang terpanjang dan jatuh di cekungan yang lebih lebar. Bagian dasarnya tidak terlalu tegak melainkan cukup miring dengan kolam besar di bawahnya yang dapat digunakan untuk berenang. Kesejukan air terjun SarambiAssing bisa untuk berendam kaki, mengobati rasa pegal setelah berjalan jauh. Udara yang segar dan air yang sejuk menyatu menghasilkan suasana yang begitu tenang di tengah perbukitan yang hijau selengkapnya baca Keunikan Pulau Kalong

Artikel Lainnya: