Filosofi Rumah Adat Kalimantan Barat

Filosofi Rumah Adat Kalimantan Barat

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas filosofi dari rumah klasik adat provinsi kalimantan barat. Semoga dengan artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan pengetahuan tentang kebudayaan yang ada di indonsia.

Filosofi Rumah Adat Kalimantan Barat

Kalimantan Barat terletak atau terdapat dibagian barat Pulau Kalimantan yang dengannya ibukota di Pontianak. Di provinsi ini ada banyak sungai, baik dengan ukuran besar atau kecil. Oleh karena itu, propinsi ini dikenal juga yang dengan provinsi ‘seribu sungai’.

Kalimantan Barat bersebelahan langsung dengannya Malaysia di daerah Serawak. Kalimantan Barat terbagi dalam 12 kabupaten serta 6 kota. Kabupatennya yaitu Kabupaten Bengkayang, Kapus Hulu, Kayong Utara, Ketapang, Mempawah, Kubu Raya, Landak, Melawi, Sambas, Sanggau, Sekadau serta Sintang. Empat kota yang ada di Kalimantan Barat yaitu Kota Ketapang, Mempawah, Pontianak, Sambas, Sintang, serta Singkawang.

Suku mayoritas di provinsi Kalimantan Barat adalah Suku Dayak serta Suku Melayu. Suku Dayak bermata pencarian menjadii petani yang dengan sistem ladang beralih. Bertepatan dengan memulai pekerjaan berladang, Suku Dayak juga akan membuat rumah sementara.

baca juga : Genset Tanpa Suara di Surabaya

Rumah Klasik Adat Kalimantan Barat

Rumah Klasik Adat Kalimantan Barat

Rumah ini akan digunakan menjdai rumah sementara, walau begitu, tiap-tiap keluarga besar masih mempunyai rumah tetap sendiri. Rumah tetap inilah yang jadi Rumah Adat Kalimantan Barat.

Tidak hanya berperan menjadi rumah serta simbol budaya rumah adat Kalimantan Barat, rumah Panjang ikut jadi representasi pola kehidupan penduduk Dayak di waktu yang lalu. Mereka hidup dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, serta gotong royong hingga tidak ada ketimpangan pada si miskin serta si kaya dan mencerminkan budaya suku dayak yang menggunakan konsep rumah klasik pada arsitekturnya.

Rumah Panjang dapat merangkul semua kelompok supaya hidup bersama dalam kerukunan. Oleh karena itu keselarasan kebutuhan pribadi serta kebutuhan umum jadi perihal yang begitu dilihat. Demikian paparan yang bisa kami berikan mengenai rancangan Rumah Panjang atau Rumah Radakng, rumah adat Kalimantan Barat. Semoga dengan penjelasan mengenai peninggalan budaya penduduk Dayak ini bisa lebih gampang dimengerti khususnya rumah adat kalimantan barat.starsdance.org

Artikel Lainnya: