Sejarah Anime

Anime merupakan sebuah animasi karya Jepang yang tentunya sudah cukup populer saat ini. Anime sendiri diambil dari sebuah pelafalan kata “ Animation “ yang dimana orang Jepang lebih sering menyebutkan kata tersebut dengan ejaan “ Anime – Shion “ dan kemudian lebih mempersingkat dan mempermudah dengan menghilangkan kata shion.

Anime atau animasi Jepang pertama kali diprakarsai oleh Koichi Junichi, Shimokawa Bokoten dan juga Kitayama Seitaro lewat karya mereka yaitu “ First Experiments in Animation “ pada tahun 1913. 4 tahun kemudian atau tepatnya tahun 1917 seorang seniman bernama Oten Shimokawa berhasil membuat sebuah animasi pendek berdurasi kurang lebih 5 menit yang berjudul “ Imokawa Mukuzo Genkanban No Maki “. Animasi karya Oten Shimokawa tersebut menjadi karya pertama dalam sejarah anime.

Dari situlah mulai muncul karya anime-anime lainnya diantaranya Saru Kanni Kasen, Momotaro, dan Taro No Banpei karya seniman Seitaro Kitayama. Dari semua karya milik Oten Shimokawa dan juga Seitaro Kitayama merupakan anime yang terhitung masih sangat sederhana dimana anime tersebut masih bersifat animasi bisu atau animasi tanpa suara dan juga musik. Baru pada tahun 1927 muncul sebuah anime yang sudah menampilkan atau menyajikan unsur suara pertama dalam sejarah anime Jepang yaitu anime yang berjudul “ Kujira “ karya Nobiro Ofuji.

Baca juga: Sewa Bus Pariwisata Jakarta Murah Dengan Pelayanan Terbaik

Anime tersebut memang sudah menampilkan unsur suara namun hanya suara musik sebagai backsound belum menampilkan unsur suara percakapan didalamnya. Seiring berjalannya waktu Noboru Ofuji kemudian kembali membuat sebuah karya anime dengan memasukkan unsur suara lengkap yaitu backsound dan juga suara percakapan didalamnya adalah anime yang berjudul “ Kiro Nyago “ pada tahun 1930.

Era anime semakin berkembang seiring berjalannya waktu pada saat itu dan salah satu anime yang menjadi titik awal kepopuleran anime Jepang sehingga mulai di siarkan di stasiun TV lokal maupun internasional adalah sebuah anime dengan judul “ Tetsuwan Atom “ atau di Indonesia sendiri dikenal dengan “ Astro Boy “ karya Ozamu Tezuka tahun 1962. Film animasi tersebut terbukti sukses baik di Jepang maupun internasional termasuk juga di Indonesia. Dari situlah kemudian muncul banyak sekali anime lainnya yang mulai disiarkan di stasiun TV dan menjadi pesaing karya animasi dari Eropa dan juga Amerika. Sejarah anime terus berkembang hingga saat ini dan di Indonesia sendiri anime juga sudah menguasai industri film khususnya film animasi bahkan karya animasi asli dari Indonesia masih kalah bersaing dengan anime atau animasi karya Jepang.

baca juga: Sejarah Sepak Bola

Artikel Lainnya: