Prosedur Sterilisasi Alat – Alat Medis Di Rumah Sakit / Klinik

Cara sterilisasi peralatan medis di rumah sakit atau klinik memiliki beberapa prosedur. Hal ini tergantung dari metode yang digunakan. Metode sterilisasi itu sendiri ada bermacam – macam. Namun yang sering digunakan dalam metode sterilisasi alat medis umumnya metode fisik (pemanasan) dan menggunakan kimiawi (desinfektan).

Sterilisasi itu sendiri merupakah hal yang wajib dilakukan di rumah sakit atau instansi kesehatna lain yang sejenis. Sterilisasi bertujuan untuk menjamin keamanan penggunaan alat – alat medis agar tidak terjadi infeksi silang antara pasien yang satu dan yang lain. Dalam dunia kesehatan hal ini benar – benar perlu dijaga dengan sebaik – baiknya.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sedikit berbagi salah satu contoh prosedur sterilisasi peralatan medis khususnya alat – alat kedokteran dan alat operasi dengan menggunakan metode panas uap bertekanan ( pressure steam desinfection) yang biasanya dilakukan di rumah sakit atau klinik.

Prosedur Sterilisasi Peralatan Medis /Alat Kedokteran /Alat Operasi di Rumah Sakit Atau Klinik

Metode sterilisasi panas uap dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut Autoclave. Alat ini seperti panci yang dilengkapi dengan elemen pemanas, dan juga wadah (sarangan) untuk meletakkan alat yang akan diuap.

  • Pertama, kenakan pakaian dan sarung tangan khusus yang digunakan untuk kegiatan sterilisasi.
  • Kumpulkan peralatan medis (alat operasi) yang akan disterilkan dalam wadah
  • Cucilah alat – alat tersebut dengan air mengalir, gosok dan bersihkan dengan sabun dari kotoran organik yang menempel hingga benar – benar bersih.
  • Kemudian semprot kan pada alat – alat tersebut cairan desinfektan secara merata dalam wadah. Tunggu hingga beberapa menit. Atau terkadang direndam menggunakan larutan desinfektan dalam waktu tertentu.
  • Setelah itu, cuci dan bilas dengan air bersih kemudian keringkan dengan handuk yang steril.
  • Kelompokkan masing – masing peralatan medis sesuai dengan kategorinya. Kemudian bungkus dengan kertas steril atau anda bisa juga gunakan steril pouch khusus.
  • Siapkan Autoclave untuk sterilisasi. Isi dengan air hingga tanda batas, dan masukkan alat – alat medis tersebut ke dalamnya.
  • Kemudian tutup autoclave. Diantara bagian – bagian autoclave terdapat timer dan juga katup pelepas tekanan di bagian tutup autoclave. Pastikan katup dalam keadaan tertutup.
  • Nyalakan autoclave kemudian tunggu hingga suhu sterilisasi yang diinginkan, kemudian lepas katup pelepas tekanan untuk mempertahankan suhu hingga 15 menit.
  • Proses sterilisasi selesai dan biarkan suhu turun dan alat – alat siap untuk dikeluarkan dan dimasukkan dalam almari steril.

Nah demikianlah prosedur sterilisasi peralatan medis yang biasa dilakukan di rumah sakit atau di instansi medis lain yang sejenis. Silahkan berikan tambahan atau mohon untuk dikoreksi apabila ada kekeliruan, sekian semoga bermanfaat !

Artikel Lainnya: