Wisata Hutan Pinus Mangunan Jogja

hutan pinus mangunanPopularitas dari Hutan Pinus Mangunan ini memang tidak bisa diragukan lagi. Selain sebagai tempat wisata, hutan pinus ini digunakan orang-orang sebagai tempat hunting foto bahkan juga tempat untuk pre-wedding. Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari hutan yang berada di kawasan RPH atau Resort Pengelolaan Hutan Manguan  terdapat tanaman Pinus merkusi yang tumbuh di kawasan tersebut. Untuk bisa pergi keHutan Pinus Mangunan, kamu harus menempuh makam Raja Imogiri.

Sebelum diresmikan menjadi tempat wisata, hutan di kawasan Mangunan merupakan daerah yang gersang dan tanah yang tandus. Kemudian dilakukan reboisasi. Ada banyak sekali pohon yang bisa kamu temui di Hutan Pinus Mangunan tidak hanya pohon pinus saja tetapi pohon seperti akasia, mahoni, kemiri dan juga kayu putih juga di tanam di hutan yang luasnya kurang lebih 500 Ha ini.Kawasan Mangunan ini sekarang tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung saja namun menjadi salah satu tempat destinasi wisata.Banyak sekali fasilitas wsata yang bisa kamu dapat di hutan pinus ini misalnya gardu pandang, panggung,toilet umum, mushola, warung dan masih banyak lagi. Pohon pinus mangunan menjadi tempat destinasi favorit untuk orang-orang yang ingin merasakan nuansa hutan yang asri.

Baca juga: Wisata Sekitar Pulau Komodo yang Terkenal

Ada  sumber mata air Bengkung yang dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat bertapanya Sultan Agung Hanyakrakusuma. Tempat pertapaan ini juga menjadi salah satu tempat yang menarik perhatian wisatawan. Mata air ini dibandung pada saat Pemerintahan Belanda tahun 1925 hingga 1930. Untuk bisa menemukan situs mata air ini kamu bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan trekking atau bisa juga dengan sepeda dan sepeda motor. Jika kamu ingin trekking, kamu bisa melakukannya dari tempat parker. Kamu ikuti jalur outbond Watu Abang sampai tiba di situs mata air tersebut. Hutan Pinus Mangunan menawarkan Susana seperti hutan di Forks. Sehingga tak heran bila banyak orang yang datang ke hutan pinus mangunan ini hanya untuk sekedar berfoto selfiee atau juga melakukan pre-wedding. Jika kamu penasaran dengan Hutan Pinus Mangunan ini, kamu bisa mengunjunginya saat kamu berlibur di Kota Jogja.

Hutan Pinus Mangunan masih bisa dikatakan wisata alam baru di Yogyakarta namun penataan yang di lakukan pihak pengelola membuat wisatawan betah berlama-lama disini. Nah buat kamu yang berlibur di Yogyakarta kamu bisa cari tahu terlebih dahulu wisata terdekat di seputaran Yogyakarta di sini pusat tujuan wisata di Yogyakarta terlengkap. Selamat berlibur

Artikel Lainnya: