Daftar Destinasi Wisata Lombok yang Unik

Lombok adalah salah satu Pulau di Indonesia yang saat ini menjadi salah satu Ikon Wisata Indonesia. Pada dasarnya Lombok terkenal dengan keindahan wisata bahari yang ada di dalamnya. Mulai dari Pantai, spot diving dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan juga pesona Gunung Rinjani yang tidak pernah pudar, justru semakin indah dari tahun ke tahun. Akan tetapi, selain beberapa tempat wisata yang sudah terkenal di Lombok, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata unik yang ada di Lombok. Beberapa destinasi wisata yang mungkin jarang diketahui masyarakat umum.

Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata yang unik di Lombok dan layak untuk Anda kunjungi.wisata lombok

Kampung Belanda

Kampung Belanda adalah julukan untuk sebuah Kampung yang terdapat di Desa Narmada. Menurut sejarah, perkampungan ini adalah salah satu lokasi penting Pemerintah Belanda saat menjajah Lombok. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya pipa air besar yang sudah berusia ratusan tahun, yang konon katanya dibuat oleh Pemerintah Belanda. Untuk bisa sampai ke Kampung Belanda, Anda harus memasuki Kawasan Taman Narmada, hanya dengan tiket senilai 5000 rupiah, Anda bisa mengelilingi keunikan Kampung Belanda.

baca juga: Objek Wisata Raja Ampat Di Timur Indonesia

Pantai Tebing

Pantai ini mungkin jarang terdengar di kalangan masyarakat umum, namanya tenggelam oleh Pantai-pantai lain yang sudah terlebih dulu terkenal di Lombok. Tetapi ada yang unik pada Pantai ini, sepanjang Pantai terdapat tebing yang menjulang tinggi dan kokoh. Berdasarkan papan informasi yang ada di Pantai tersebut, Tebing yang ada di sepanjang Pantai terbentuk akibat endapan lava letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815. Pantai ini mulai dikenal beberapa tahun yang lalu setelah banyak yang mengeksposnya di media sosial, dan hingga saat ini Pantai Tebing mulai banyak dikenal dan didatangi wisatawan.

baca lainnya: Pantai Timang Gunungkidul di Jogja

Hutan Lian Purba

Destinasi wisata unik di Lombok yang berikutnya adalah Hutan Lian Purba. Berada di Hutan ini seolah mengingatkan Film The Hobbit, karena Pepohonan yang ada di Hutan ini besar dan tinggi menjulang. Berada di bawah pohon akan membuat Anda terasa seperti berada dalam sebuah film Holywood. Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar, Pohon Lian yang ada di tempat ini sudah tumbuh sejak ratusan yang lalu, dan tidak pernah ada yang menebang hingga saat ini. Ada juga yang mengatakan bahwa Pohon Lian hanya bisa tumbuh di area Hutan Lian Purba saja, karena Pohon ini termasuk dalam jenis Pohon yang sulit beradaptasi. Hutan ini berada di Lombok Timur, satu arah dengan jalan menuju Gili Kondo, jadi jika Anda akan mengunjungi Gili Kondo, sempatkan untuk melihat keunikan Hutan Lian Purba secara langsung.

baca ini loh: Wisata Sekitar Pulau Komodo yang Terkenal

Masjid Gunung Pujut

Lombok memang dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, karena mayoritas penduduk Lombok adalah beragama islam dan hampir di setiap kampung di Lombok terdapat Masjid. Tidak heran jika banyak bangunan masjid kuno di Lombok. Namun ada satu Masjid yang sangat unik dan mengagumkan di Lombok, yaitu Masjid Gunug Pujut. Masjid Kuno ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat kuno dan masih terawat hingga saat ini. Yang semakin menjadikannya lebih unik adalah karena lokasi Gunung ini berada di Puncak Gunung Pujut. Gunung Pujut sebenarnya tidak terlalu tinggi, karena bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin melihat keunikan masjid ini.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai beberapa destinasi wisata yang unik di Lombok. Tempat-tempat yang mungkin jarang terdengar dibandingkan wisata di Lombok lainnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda

Artikel Lainnya: